ISMUBA INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN
LEMBAR KERJA
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK MODEL PEMBELAJARAN
- Nama Guru Model : ..............................................................................................
- Asal Sekolah : ..............................................................................................
- Kelas/Semester : ..............................................................................................
- Materi Pokok : ..............................................................................................
- Nama Observer : ..............................................................................................
- Asal Sekolah : ..............................................................................................
Isilah kolom Kondisi dan Perolehan Nilai dengan dengan tanda checklist (√)
Komponen Proses Pembelajaran
|
Kondisi dan Perolehan Nilai
|
Keterangan
| ||||
Tidak
|
Ya, kurang lengkap
|
Ya, lengkap dan belum benar
|
Ya, lengkap dan benar
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |||
Kegiatan Pendahuluan
| ||||||
1.
|
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
| |||||
2.
|
Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual
| |||||
3.
|
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari .
| |||||
4.
|
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kemampuan yang akan dicapai peserta didik.
| |||||
5.
|
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
| |||||
Kegiatan Inti
| ||||||
| ||||||
1.
|
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
| |||||
2.
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
| |||||
3.
|
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.
| |||||
4.
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
| |||||
5.
|
Kemampuan melafalkan ayat-ayat al-Qur’an atau Hadis secara fasih yang terkait dengan materi pembelajaran
| |||||
| ||||||
1.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
| |||||
2.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
| |||||
3.
|
Menguasai kelas.
| |||||
4.
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
| |||||
5.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
| |||||
6.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
| |||||
| ||||||
1.
|
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
| |||||
2.
|
Memancing peserta didik untuk bertanya.
| |||||
3.
|
Memfasilitasi peserta didik untuk berdiskusi
| |||||
4.
|
Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.
| |||||
5.
|
Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis.
| |||||
6.
|
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).
| |||||
7.
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
| |||||
| ||||||
1.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran.
| |||||
2.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
| |||||
3.
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
| |||||
4.
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
| |||||
5.
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
| |||||
| ||||||
1.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
| |||||
2.
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
| |||||
3.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
| |||||
4.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
| |||||
5.
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.
| |||||
| ||||||
1.
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
| |||||
2.
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
| |||||
| ||||||
1.
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
| |||||
2.
|
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
| |||||
3.
|
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok
| |||||
4.
|
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
| |||||
J u m l a h
|
Nilai yang diperoleh x 100 = nilai akhir
Nilai Maksimal
Nilai dan Predikat:
86 - 100 = A
76 - 85 = B
56 - 75 = C
<= 55 = D
Oke
ReplyDelete