Thursday, September 19, 2019

ISMUBA INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN


LEMBAR KERJA
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK MODEL PEMBELAJARAN 

  1. Nama Guru Model    :     ..............................................................................................
  2. Asal Sekolah    :     ..............................................................................................
  3. Kelas/Semester    :     ..............................................................................................
  4. Materi Pokok    :     ..............................................................................................
  5. Nama Observer    :     ..............................................................................................
  6. Asal Sekolah    :    ..............................................................................................

Isilah kolom Kondisi dan Perolehan Nilai dengan dengan tanda checklist (√)
Komponen Proses Pembelajaran
Kondisi dan Perolehan Nilai
Keterangan
Tidak
Ya, kurang lengkap
Ya, lengkap dan belum benar
Ya, lengkap dan benar
1
2
3
4
Kegiatan Pendahuluan





1.
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran 





2.
Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual 





3.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari .





4.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kemampuan yang akan dicapai  peserta didik.





5.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan 





Kegiatan Inti





  1. Penguasaan Materi Pelajaran





1.
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.





2.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.





3.
Menyajikan  pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.





4.
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)





5.
Kemampuan melafalkan ayat-ayat al-Qur’an atau Hadis secara fasih yang terkait dengan materi pembelajaran





  1. Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik





1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.





2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.





3.
Menguasai kelas.





4.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.





5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).





6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.





  1. Penerapan Pendekatan/Metode/Model Pembelajaran 





1.
Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.





2.
Memancing peserta didik untuk  bertanya.





3.
Memfasilitasi peserta didik untuk berdiskusi





4.
Memfasilitasi peserta didik untuk   mengamati.





5.
Memfasilitasi peserta didik untuk   menganalisis.





6.
Memberikan pertanyaan peserta didik untuk  menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).





7.
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk  berkomunikasi.





  1. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran





1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  pembelajaran.





2.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran.





3.
Menghasilkan pesan yang menarik.





4.
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.





5.
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan media pembelajaran.





  1. Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran





1.
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.





2.
Merespon positif partisipasi peserta didik.





3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.





4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.





5.
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar.





  1. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran





1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.





2.
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.





  1. Kegiatan Penutup





1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.





2.
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran 





3.
Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok 





4.
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya 






J u m l a h







                Nilai yang diperoleh x 100  = nilai akhir
                     Nilai Maksimal

Nilai dan Predikat:
86 - 100    =  A
76 - 85    =  B
56 - 75    =  C
<= 55    =  D

1 comment: