Friday, September 20, 2019

SOAL KEMUHAMADIYAHAN SMK


Soal KEMUHAMMADIYAHAN KELAS X SMK/SMA
 I. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E!

1. Sebelum mendirikan Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan sudah menjadi pengurus ...
    A. Al-Irsyad             C. Budi Utomo                   E. Pengajian "Sidiq Amanah"
    B. Jamiatul Khair      D. Pengajian "Wal 'ashri"

Jawab: C. Budi Utomo

2. Untuk menyusun Anggaran Dasar Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan dibantu oleh ...
   A. Rasyid Ridha                          D. R. Sosro Sugondo
   B. R. Hadi Kusumo                      E. Syaikh Ahmad Surkati
   C. KH. Hasyim Asy'ari

Jawab: D. R. Sosro Sugondo

3. Muhammadiyah diakui sebagai badan hukum pada tanggal ...
   A. 20 Agustus 1914        C. 22 Agustus 1914          E. 24 Agustus 1914
   B. 21 Agustus 1914        D. 23 Agustus 1914

Jawab: C

4. Dua organisasi otonom (ortom) yang berdiri pada masa KH. Ahmad Dahlan adalah ...
   A. IPM dan NA               D. Hizbul Wathan dan Aisiyah
   B. PSHW dan IMM          E. Pemuda Muhammadiyahdan NA
   C. Tapak Suci dan IRM


Jawab: D. Hizbul Wathan dan Aisiyah


5. Periode KH. Ibrahim ditandai dengan periode ...
   A. Perintisan                        D. Perkembangan wilayah
   B. Perluasan                        E. Perluasan dan Perkembangan
   C. Pembentukan Jiwa 

Jawab: E. Perluasan dan Perkembangan

6. Pertumbuhan Muhammadiyah pada periode KH. Ibrahim sangat pesat sampai ke daerah-daerah ...
   A. Jakarta                        C. Jawa Barat            E. Jawa Tengah
   B. Jawa Timur                  D. Luar Jawa
   
Jawab: D. Luar Jawa

7. Pada masa kepemimpian KH. Ibrahim mengalami muktamar ...kali.
   A. 9                                C. 11                       E. 13
   B. 10                              D. 12
   
8. Pada tahun 1927 berdiri majelis yang tertua di muhammadiyah, yaitu ...
   A. Majelis Waqaf                  C. Majelis Tarjih                    E. MPK

   B. Majelis Tabligh                 D. Majelis Ekonomi

Jawab: C. Majelis Tarjih

9. Dua angkatan muda yang didirkan pada masa KH. Ibrahim adalah ...
    A. IPM dan IMM                      D. Pemuda HW dan IPM
    B. IRM dan PSHW                   E. NA dan Pemuda Muhammadiyah
    C. Tapak Suci dan NA

Jawab: E. NA dan Pemuda Muhammadiyah  

10. Muktamar Muhammadiyah setengah abad (Muktamar ke-35) di kota ...
    A. Surabaya             C. Jakarta                E. Palembang
    B. Semarang            D. Yogyakarta

Jawab: C. Jakarta

11. Pada periode KH. Hisyam prioritas program dititik beratkan pada usaha dalam bidang ...
A. Ekonomi
B. Dakwah
C. Pendidikan
D. Wakaf
E. Sosial

Jawab: C

12. Dibawah ini yang bukan termasuk isi Langkah Dua belas adalah ...
A. Memperluas faham Agama
B. Membuahkan budi pekerti
C. Menyibukkan langkah bisnis
D. Memperdalam masuknya iman
E. Menuntun amalan intiqad

Jawab: C

13. Perumusan masalah lima yaitu berikut ini kecuali ...
A. Ijma'
B. Dunia
C. Agama
D. Ibadah
E. Sabilillah

Jawab: A


14. Pada masa kepemimpinan KH. Mas Mansyur diusahakan mengaktifkan kembali majelis ...
A. Wakaf
B. Tarjih
C. Tabligh
D. Pustaka
E. Ekonomi

Jawab: B

15. Taqarrub mendekatkan diri kepada Allah dengan mentaati segala perintahNya, menjauhi laranganNya, dan mengamalkan yang diizinkanNya adalah pengertian dari ...
A. Iman
B. Agama
C. Qiyas
D. Ibadah
E. Sabilillah

Jawab: D

16. Muhammadiyah tidak akan berubah menjadi partai politik, ketentuan ini diputuskan dalam sidang Tanwir tahun ...
A. 1950 di Yogyakarta
B. 1951 di Yogyakarta
C. 1952 di Yogyakarta
D. 1953 di Yogyakarta
E. 1954 di Yogyakarta

Jawab: B

B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat dan benar!

Soal bisa Anda lihat DISINI atau Anda klik link: Soal Isian Materi Muhammadiyah Dari Masa ke Masa

Kunci Jawaban:

1.      6.       11. 
2.      7.       12. 
3.      8.       13. 
4.      9.       14. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Lambang pemuda Muhammadiyah gambar ...(setangkai kuncup melati dengan 2 daun diatas pita bertuliskan semboyan "Fastabiqul Khairat)

2. "Fastabiqul khairaat" adalah semboyan Pemuda Muhammadiyah (PM) yang artinya ... (Berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan!)

3. Nasyiatul Aisyiyah didirikan tahun ... (1931)

4. Lambang Nasyiatul Aisyiyah (NA) adalah gambar ... (padi 12 butir, dua daun kebawah dan keatas)

5. Periode KH. Hisyam ditandai dengan tertib ...(administrasi dan organisasi)

6. Muktamar Muhammadiyah seperempat abad diselenggarakan tahun... (1936)

7. Ibadah ada yang umum dan ada yang khusus, ibadah yang umum ialah amal    ... (yang diizinkan Allah)

8. Khittah Langkah Duabelas terdiri atas dua macam, yaitu ... (langkah ilmu dan amal)

9. MADM singkatan dari (Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah)

10. Tahun 1955 sidang Tanwir di Pekajangan membicarakan pokok-pokok ... (konsepsi negara Islam)

11. Muhammadiyah bergerak dibidang kemasyarakatan, zaman dulu masalah politik diserahkan kepada ... (Masyumi)

12. Pada Muktamar ke 33 di Palembang 1956 diputuskan ... (Khittah Palembang)

13. Kepribadian Muhammadiyah dirumuskan pada masa ... (Yunus Anis)

14. KOKAM kependekan dari ... (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah)

15. Fatwa KH. Badawi bahwa ... (Pembubaran PKI termasuk ibadah)

16. Ketua Parmusi pertama kali adalah ... (Djarnawi Hadikusumo)

17. MKCHM singkatan dari ... (Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah)

18. Saran jendral Sarbini agar Muhammadiyah melakukan ... (pendekatan dengan pemerintah Suharto)

19. Menyikapi kunjungan Paus Y Paulus, pak AR. Fakhruddin mengeluarkan buku ... (Mangayubagya, Sugeng Rawuh lan Sugeng Kondur)

20. Muhammadiyah mengikuti perintah berasas tunggal maksudnya ... (menjadikan8
5.      10.      15

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman pra-aksara! 

Jawaban:
Pra-aksara adalah istilah baru untuk menggantikan istilah prasejarah. Pra-aksara berasal dari dua kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Dengan demikian zaman pra-aksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. 
Ada istilah yang mirip dengan istilah pra-aksara, yakni istilah nirleka. Nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan. Karena belum ada tulisan maka untuk mengetahui sejarah dan hasil-hasil kebudayaan manusia adalah dengan melihat beberapa sisa peninggalan yang dapat kita temukan. 

2. Mengapa istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Jawaban:
Penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal tulisan adalah kurang tepat. Pra berarti sebelum dan sejarah adalah sejarah, sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan, makhluk yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah pra-aksara untuk menggantikan istilah prasejarah.


3. Kapan waktu dimulainya zaman pra-aksara dan kapan zaman pra-aksara itu berakhir? 

Jawaban:
Zaman pra-aksara dimulai sudah tentu sejak manusia ada, itulah titik dimulainya masa pra-aksara. Zaman pra-aksara berakhir setelah manusianya mulai mengenal tulisan.
Terkait dengan masa berakhirnya zaman pra-aksara masing-masing tempat akan berbeda. Penduduk di Kepulauan Indonesia baru memasuki masa aksara sekitar abad ke-5 M. Hal ini jauh lebih terlambat bila dibandingkan di tempat lain misalnya Mesir dan Mesopotamia yang sudah mengenal tulisan sejak sekitar tahun 3000 SM. Fakta-fakta masa aksara di Kepulauan Indonesia dihubungkan dengan temuan prasasti peninggalan kerajaan tua seperti Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur .

4. Bagaimana kalau kita ingin melakukan kajian tentang kehidupan zaman pra-aksara? 

Jawaban:
Untuk menyelidiki zaman pra-aksara, para sejarawan harus menggunakan metode penelitian ilmu arkeologi dan juga ilmu alam seperti geologi dan biologi. 

Ilmu arkeologi adalah bidang ilmu yang mengkaji bukti-bukti atau jejak tinggalan fisik, seperti lempeng artefak, monumen, candi dan sebagainya. Sedangkan ilmu geologi dan percabangannya, terutama yang berkenaan dengan pengkajian usia lapisan bumi, dan biologi berkenaan dengan kajian tentang ragam hayati (biodiversitas) makhluk hidup. 

5. Mengingat jauhnya jarak waktu masa pra-aksara dengan kita sekarang, maka apa perlunya kita belajar tentang zaman pra-aksara yang sudah lama ditinggalkan oleh manusia modern? 

Jawaban:
Zaman pra-aksara dengan zaman kita sekarang (modern) tentu ada hubungannya dengan kekinian kita. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:
- Data etnografi yang menggambarkan kehidupan masyarakat pra-aksara ternyata masih berlangsung sampai sekarang. Entah itu pola hunian, pola pertanian subsistensi, teknologi tradisional dan konsepsi kepercayaan tentang hubungan harmoni antara manusia dan alam, bahkan kebiasaan memiara hewan seperti anjing dan kucing di lingkungan manusia modern perkotaan. 
- Kebiasaan bertani merambah hutan dengan motode ‘tebang lalu bakar’ (slash and burn) untuk memenuhi kebutuhan secukupnya masih ada hingga kini. Namun, kebiasaan merambah hutan dan hidup berpindah-pindah pada masa lampau tidak menimbulkan malapetaka asap yang mengganggu penerbangan domestik. Selain itu, juga mengganggu bandara negara tetangga Singapura dan Malaysia seperti yang sering terjadi beberapa waktu lalu. Teknologi manusia modernlah yang mampu melakukan perambahan hutan secara besar-besaran, entah itu untuk perkebunan atau pertambangan, dan permukiman real estate sehingga menimbulkan malapetaka kabut asap dan kerusakan  

1 comment: